SWA Digital   Home Shopping Cart   Sign In Register  
  Senin, 25 September 2017   How to Order Shipping Payment Term & Condition Contact Us  

Articles
Photos
Documents
07 Sep 2011
Dari Daerah, Mereka Bergerilya
Berbekal keintiman dengan budaya daerah masing-masing dipadukan dengan manajemen modern, merek-merek asli Indonesia di berbagai daerah terus berkibar. Beberapa di antaranya sukses go national, bahkan go international.
Home > Artikel

Shopping Cart: 0 Items:  


  Indofarma Bikin Apotek
  Awas, Bahaya Laten Amandemen!
  Ladang Subur bagi Yang Bermental Baja
  Layanan Isi Ulang Terbaru Excelcom
  Asian GLOBE Seminarkan Merger H-P dan Compaq

Most Buy Articles
PERINGKAT 10 PERUSAHAAN TERPERCAYA 2009 (GCG) : Peringkat Perusahaan Terpercaya - SWA Edisi 27/2009
PERINGKAT PERUSAHAAN TERPERCAYA 2010 (GCG) INDONESIA MOST TRUSTED COMPANIES : Mereka yang Terpercaya - SWA Edisi 26/2010
Ayo, Berbisnis Seirama dengan Etika! - SWA Edisi 27/2011
Ketika GCG Menyentuh Pengelolaan Risiko - SWA Edisi 27/2012
Membudayakan GCG dengan Manajemen Pengetahuan - SWA Edisi 27/2013

 

 


Artikel Detail

06 Sep 2011
Dr. Sehat Sutardja: “Do What You Like to Do”

Siapa yang mengira, di dalam perangkat modern kita ada semikonduktor yang dibuat oleh perusahaan besar di Amerika Serikat yang didirikan oleh putra Indonesia, Dr. Sehat Sutardja. Tahun 1985, Sehat bersama istri dan adik laki-lakinya mendirikan Marvell Technology Group Ltd.


Perusahaan yang berkantor pusat di California, AS, itu merupakan perusahaan semikonduktor lima besar di dunia. Produk Marvell yang beragam mencakup switching, transceiver, communication controller, teknologi nirkabel dan solusi penyimpanan yang menggerakkan seluruh infrastruktur komunikasi. Produk Marvell banyak digunakan di berbagai perangkat elektronik, seperti Cisco switch, BlackBerry, Apple iPod, Xbox 360 dan produk-produk keluaran perusahaan elektronik ternama, antara lain Panasonic, Huawei, Toshiba, Fujitsu, Sony Ericson, HP, Samsung dan Hitachi.


Sehat, lulusan Universitas Berkeley, California, telah mengantongi lebih dari 269 hak paten atas namanya. Ia menjadi potret perjuangan seorang imigran yang tetap mengagungkan ilmu untuk meraih sukses. Jangan heran, pada 2010 ia dinobatkan sebagai Inventor of the Year di AS. Tahun 2007 Majalah Forbes memasukkannya dalam daftar 10 orang terkaya di AS.


Selepas mengikuti kegiatan dan menjadi ketua rombongan pengusaha AS yang datang ke Indonesia dalam World Economic Forum East Asia yang berlangsung di Jakarta, 12-13 Juni 2011, Sehat berkesempatan berbagi pengalaman suksesnya berbisnis di Negeri Abang Sam di beberapa tempat, antara lain di SMP-SMA Kanisius Menteng, tempatnya bersekolah dulu, serta di Universitas Indonesia, Depok. “Saya pulang kampung nih (meniru ucapan Obama kala memberi speech di UI juga), tapi kampung ini sudah besar sekali dan maju pesat,” seloroh Sehat dengan bahasa Indonesia yang jelas.


Berikut ini petikan hasil wawancara wartawan SWA Herning Banirestu dan fotografer Prio Santoso dengan Presiden, CEO dan Chairman of the Board Marvell Technology Group Ltd. ini sebelum dan selepas kuliah umum di UI, Depok.



//Bagaimana perkembangan Marvell sekarang?//

 

Saat ini Marvell merupakan salah satu perusahaan semikonduktor terbesar dunia. Kami berada di posisi ketiga di AS, dan lima besar dunia. Nomor satu ditempati Qualcomm. Pada 2011 revenue kami sudah mencapai US$ 3,61 miliar, atau setara dengan Rp 30,7 triliun, dan mempekerjakan lebih dari 6.000 orang di seluruh dunia. Tidak ada utang dan dengan nilai cash mencapai US$ 2,3 miliar atau Rp 19,5 triliun. Tiap tahun 1 triliun chip semi konduktor tersebar ke seluruh dunia. Umur Marvell lebih muda dibanding dua pemain besar lain itu. Mereka punya lebih banyak sumber daya, lebih banyak uang, sedangkan Marvell dibangun oleh orang Indonesia, usianya lebih muda tetapi sudah menempati posisi 3 besar.



//Apa sebenarnya kunci sukses bisnis Anda?//


Kala baru membangun bisnis, kami tidak punya koneksi. Namun, kami mengembangkannya dengan terus fokus pada apa yang sejak awal kami bangun, yakni pada teknonogi. Saya bisa sampaikan yang menjadi kunci sukses saya adalah: bekerja keras dan percaya apa yang kami kerjakan akan berhasil atau tercapai. Optimistis dengan yang kita kerjakan. Percaya bahwa kita bisa mengubah dunia. Saya percaya kalau orang lain bisa, saya juga bisa lakukan. Tetap terus belajar, belajar dari kesalahan kita sendiri, belajar dari kesalahan orang lain juga. Lakukan apa yang ingin kamu lakukan. Jangan sampai langkah kita terhalangi oleh pendapat orang lain. Hal biasa jika suatu saat kita berada di bawah, jatuh, tetapi jangan sampai itu menyurutkan langkah kita. Do what you like to do.



//Apa pengalaman paling menarik dalam hidup Anda?//


Waktu saya sekolah dulu, dari Kebon Jeruk ke Menteng, saya harus bangun pagi-pagi sekali, pukul 6 pagi untuk tiba di sekolah. Saya harus menunggu di halte cukup lama untuk bisa mendapat bus yang bisa saya tumpangi ke arah sekolah. Namun, bus selalu penuh sesak, hingga tak ada ruang untuk saya berdiri. Akhirnya, saya harus bergelantungan di dekat kaca pintu bis. Waktu kondektur minta ongkos, saya bilang, “Tidak bisa, wah susah nih ada di kantong.” Akhirnya tidak bayar deh, lumayan menghemat ongkos ha-ha-ha....


Saya pikir setiap hidup kita adalah peluang. Kitalah yang bisa mengembangkan peluang itu. Mewujudkan peluang itu menjadi wujud yang lebih besar. Namun, dengan tidak pernah berhenti menjalani proses belajar dengan tekun.



//Apa modal terbesar Anda dalam membangun bisnis?//


Saya pikir bukan dalam bentuk dana besar. Adalah keyakinan saya yang besar bahwa saya bisa mewujudkan apa yang saya inginkan. Fokus pada apa yang saya lakukan, serta terus belajar dari segala hal bahkan dari kesalahan orang lain, belajar dari perusahaan lain, produk lain, dan sebagainya. Passion yang besar dalam mewujudkan apa yang saya bangun adalah modal terbesar saya.



//Adakah rencana membuka cabang atau mengembangkan bisnis di sini, dalam 3-5 tahun mendatang? Anda tahu, Qualcomm sudah memiliki kantor perwakilan di sini.//


Qualcomm memang sudah punya kantor cabang di sini, tetapi hanya dengan 7 orang. Apakah itu bisa dibilang pengembangan bisnis? Saya sedang terus membicarakan kemungkinan mengembangkan bisnis di sini, terutama yang terkait dengan hi-tech manufacturing. Untuk itu, dibutuhkan sumber daya yang menunjang. Saya terus membicarakan ini dengan pemerintah, dengan Pak Gita Wiryawan, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, untuk arah ke sana. Seperti apa saya bisa katakan. Arahnya memang saya berencana membangun apa yang berkaitan dengan fokus saya di sini.



//Bagaimana Anda melihat negara Anda saat ini? Akankan bisa memiliki banyak pengusaha besar seperti Anda nantinya?//


Indonesia memiliki potensi yang sangat besar, didukung sumber daya alam yang sangat kaya. Hanya perlu lebih banyak lagi engineer, ahli biologi, ahli matematika yang bisa mendorong semua sumber daya lebih maksimal dikembangkan. Saya yakin banyak yang bisa dibangun dari sana. Begitu juga dengan produk hi-tech. Karena saat ini eranya hi-tech, mendorong produk untuk menunjang infrastruktur, potensi itu bisa mendorong manufacturing economy atau industrial economy. Pertumbuhan Indonesia akan sangat luar biasa jika itu terbangun lebih banyak. Potensi Indonesia jauh lebih besar daripada yang terlihat sekarang, melebihi perkiraan orang.


Kita harus buat potensi itu terlihat. Anda bisa lihat beberapa perusahaan besar di AS dan Eropa dibangun oleh engineer, seperti HP, Google, Microsoft dan Intel. Apakah mereka dibangun oleh pebisnis? Tidak. Apakah semua itu dibangun oleh spekulator? Tidak juga.


Indonesia pun bisa mencapai yang lebih besar melalui manufacturing economy. Potensinya banyak sekali: nomor 4 populasi terbesar di dunia, Indonesia juga memiliki tanah luas yang bisa mengembangkan minyak kelapa sawit, serta punya sumber daya alam seperti timah, tembaga, minyak bumi dan batu bara. Namun, itu semua harus didukung oleh SDM yang unggul, agar bisa mengembangkannya lebih maksimal. Lebih banyak engineer merupakan kunci ke masa depan.(*)


Herning Banirestu


"Hak Cipta artikel ini milik SWA dan dilindungi dengan Undang-undang. Dilarang menyadur, mengkopi, mengutip atau menggunakan tanpa izin tertulis, sebagian atau seluruh isi untuk tujuan apapun. Untuk memesannya silahkan klik tombol 'Add'."